Gejala Penyakit Jantung yang Harus anda Waspadai Sejak Dini

Berdasarkan penelitian terbaru risiko penyakit jantung ini tidak hanya mengintai orang dengan usia lanjut, akan tetapi banyak juga usia dewasa sudah mengelami serangan jantung pada usia muda. Kali ini kami akan …

Tahukah Kamu, Air Mineral yang Bagus Akan Mendatangkan Manfaat

Sekarang air mineral lebih dipilih untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dibandingkan dengan air putih biasa. Alasannya, tentu saja karena kepraktisan air mineral, dan kandungan mineralnya yang baik untuk kesehatan. Namun, …

5 Gangguan Kesehatan yang Menghantui Akibat Kolesterol Tinggi

Beragam gangguan kesehatan menghantui saat kadar kolesterol dalam darah tinggi, ditambah sebagian dari kita sering mengabaikannya. Dari mulai penyakit ringan yang masih bisa diatasi dengan beristirahat dan berhenti konsumsi makanan tinggi …

Tips Servis Kaki-Kaki Mobil, Biaya, dan Cara Menghematnya
0 Comments

Kaki-kaki merupakan komponen krusial pada sebuah mobil. Komponen tersebut menjadi penunjang kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda mendeteksi kerusakan komponen ini sejak awal.

Kondisi jalan yang rusak seperti banyak lubang atau tidak rata bisa membuat bagian kaki-kaki mobil mengalami masalah. Terlebih jika mobil sering melewati jalanan dengan lubang yang cukup dalam. Kondisi seperti ini bisa membuat kenyamanan berkendara Anda terganggu, misalnya adanya bunyi berdecit di kaki-kaki mobil Anda.

Kondisi demikian dapat terjadi pada komponen kaki-kaki mobil seperti ban, shockbreaker, bushing arm, link stabilizer, balljoint, dan tie rod.

Untuk menghindari ketidaknyamanan saat berkendara akibat kerusakan komponen yang ada pada kaki-kaki mobil, alangkah baiknya Anda mulai mendeteksi sejak dini kerusakan komponen tersebut. Sebab, kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada kendaraan.

Anda juga perlu melakukan servis kaki-kaki mobil agar kondisi mobil Anda tetap prima dan bisa bekerja dengan maksimal. Untuk melakukan perawatan terhadap komponen tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membawa mobil Anda ke bengkel resmi atau pun bengkel spesialis penanganan kaki-kaki mobil. Namun, perlu Anda ketahui bahwa perbaikan komponen tersebut tidaklah murah.

Jika Anda berniat membawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk mendapatkan perbaikan kaki-kaki mobil, maka Anda perlu mengeluarkan biaya lebih besar daripada perbaikan di bengkel spesialis. Akan tetapi, servis record mobil di bengkel resmi lebih terjaga dan mobil akan mendapat penanganan dengan sparepart yang sesuai standar pabrikan.

Sementara, jika Anda membawa mobil ke bengkel spesialis, maka Anda tidak akan mendapatkan data record seperti pada bengkel resmi. Akan tetapi, biaya perbaikan di bengkel spesialis lebih murah dari bengkel resmi.

Akan tetapi, terkait dengan garansi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apabila Anda melakukan perawatan di bengkel kaki-kaki mobil khusus (spesialis), maka garansi Anda akan hilang. Padahal, jika ada komponen pada kaki-kaki mobil yang ternyata gagal produksi, Anda bisa mendapatkan biaya pergantiannya. Meskipun, ada beberapa merek mobil yang hanya menanggung biaya jasa perbaikannya saja.

Maka dari itu, saat mobil Anda masih memiliki masa garansi, sebaiknya lakukan servis di bengkel resmi. Apabila masa garansi telah habis, Anda bisa mencoba bengkel spesialis untuk melakukan perawatan dan perbaikan.

Biasanya harga sparepart dan biaya jasa di bengkel spesialis lebih murah dibandingkan bengkel resmi. Harga sparepart di bengkel spesialis umumnya lebih murah 5%. Sedangkan biaya jasa perbaikan di bengkel spesialis bisa lebih murah hingga 50% dibandingkan bengkel resmi.

Kita ambil contoh harga shockbreaker Toyota Avanza fi bengkel resmi yaitu Rp. 1,5 juta. Sementara, di bengkel spesialis harganya hanya sekitar Rp. 1,4 jutaan saja.

Untuk mobil Eropa, harga shockbreaker umumnya lebih mahal. Untuk mobil BMW seri 3 E46 dengan merek Bilstein, harga sparepart tersebut sekitar Rp. 2 jutaan. Jika Anda membelinya di bengkel kaki-kaki mobil yang resmi, harganya bisa mencapai Rp. 8 jutaan.

Perbedaan tersebut terletak pada usia pemakaian. Pada mobil merek Bilstein, umumnya umur pemakaian sparepart tersebut sekitar 1,5 tahun saja. Sementara, untuk shockbreaker BMW asli bisa mencapai 5 tahun pemakaian.

Untuk perbaikan kaki-kaki mobil, apabila dana yang Anda miliki terbatas, maka Anda bisa mengakalinya dengan cara melakukan pengecekan terlebih dahulu. Kemudian, biasanya akan dilakukan penggantian karet saja. Namun, harus tetap menggunakan rumah komponen pada kaki-kaki mobil. Kemudian, lanjutkan dengan mengepres ulang dan melakukan pembubutan agar pemasangannya kuat.

Untuk biaya perbaikan kaki-kaki mobil umumnya berkisar antara 800 ribu hingga 1,7 jutaan rupiah. Biaya tersebut tergantung dari kebijakan bengkel dan kesulitan pengerjaan dan pemasangannya. Terlebih pada mobil Eropa yang terbilang lebih rumit dan susah untuk diakali dalam pemasangannya.

Pertimbangan lain dalam perbaikan komponen-komponen ini adalah kerusakannya. Apabila kerusakan sudah lebih dari 50%, akan disarankan untuk diganti  agar mobil tetap nyaman dan meminimalisir hal yang tak diinginkan.

Demikianlah tips yang bisa Anda lakukan dalam melakukan servis kaki-kaki mobil, besaran biaya, serta bagaimana penghematannya. Semoga bermanfaat.