5 Teknik Belajar dan Dapatkan Pengetahuan Berlimpah

Mendapatkan informasi pengetahuan dan pendidikan adalah hal yang penting. Namun bagaimana cara mendapatkan pengetahuan berlimpah dalam sekali belajar? Belajar adalah kegiatan yang dilakukan guna mendapatkan informasi dan pengetahuan. Namun dalam belajar, …

Beragam Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dibatasi Sejak Dini

Sebagaimana diketahui, kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Data dari WHO menunjukkan ada sekitar 9,6 juta penderita kanker meninggal tahun 2018 silam. Hal inilah yang mendasari kenapa …

Harga Toyota Agya G, TRD, Facelift Terbaru 2020

Toyota Agya merupakan mobil yang masuk ke dalam kategori LCGC dan kelas hatchback yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia karena berbagai alasan. Toyota Agya hadir dengan varian mesin 1.0 L dan …

Jenis Mainan Bayi 4 Bulan untuk Menunjang Tumbuh Kembang
0 Comments

Salah satu cara menstimulasi perkembangan bayi 4 bulan adalah dengan memberikannya mainan. Maka dari itu, sebagai orang tua harus pandai memilih jenis mainan yang sesuai dengan usia si kecil. Sebab dengan memberikan mainan bayi 4 bulan yang tepat, dapat membantu perkembangan motorik, emosional, kognitif, dan bahasanya. Berikut enam rekomendasi jenis mainan untuk si kecil.

Rekomendasi Jenis Mainan Bayi 4 Bulan

  1. Mainan yang Bersuara

Memberikan mainan yang bersuara sangat cocok saat bayi berusia 4 bulan. Fungsinya adalah untuk melatih kemampuan pendengaran bayi. Selain itu, memperkenalkan kepadanya berbagai jenis suara. Suara yang muncul juga menstimulasi bayi untuk lebih responsif. Contoh mainannya adalah alat musik khusus bayi, boneka bersuara, sejenis squishy yang mengeluarkan suara saat dipencet.

  1. Mainan Ikat

Apa itu mainan ikat? Mainan ini biasanya diikatkan pada pergelangan tangan atau pergelangan kaki bayi. Bentuk dan warnanya sangat menarik dan beragam. Ada yang berbentuk karakter hewan, dan ada juga karakter lucu lainnya. Mainan ikat dapat merangsang gerakan tangan dan kaki bayi. Sebab dia tertarik dengan benda yang ada di kedua bagian tersebut.

  1. Mainan Pop-up

Pop-up dapat ditemukan dalam buku bergambar. Biasanya di setiap halaman, ada gambar yang sengaja menonjol, misalnya rumput, bunga, hewan, ataupun bintang. Dengan begitu, bayi bisa merasakan bentuk dari gambar tersebut. Sehingga indera perabanya dapat terlatih lebih baik.

Alternatif lain adalah mainan pop-up yang saat dibuka, maka benda di dalamnya akan keluar. Mengagetkan memang, namun dapat membuat si kecil lebih responsif dan eskpresif.

  1. Buku Kain

Tidak ada salahnya mulai memperkenalkan buku saat usianya 4 bulan. Jenis buku yang direkomendasikan adalah buku sensori. Buku tersebut berisi berbagai tekstur, bentuk dan warna untuk memberikan stimulasi bagi si kecil. Pilihlah buku dari kain yang tebal sehingga tidak mudah robek. Karena bayi akan cenderung menggigitnya, maka pastikan kain yang digunakan tidak kasar.

  1. Bola

Bayi 4  bulan sudah cukup aktif dan tertarik dengan benda bergerak. Maka memberikannya mainan bola sangatlah tepat. Tentu saja bola yang dipilih memiliki bahan yang empuk dengan ukuran yang sedang. Sehingga mudah digenggam oleh si kecil. Ajaklah dia bermain dengan cara melemparkan bola ke arahnya. Dengan begitu bayi akan mencoba bergerak untuk meraih.

  1. Boneka

Memilih boneka sebagai mainan juga disarankan. Anda bisa membelikannya berbagai bentuk boneka. Misalnya bentuk hewan, makanan, atau kotak dadu. Hindari memilih boneka yang memiliki manik-manik, kancing, kawat ataupun aksesoris lainnya. Sebab, benda tersebut berisiko tertelan saat bayi menggigitnya. Pilihlah juga bahan boneka yang halus dan tidak memicu alergi.

Dalam memilih mainan bayi 4 bulan harus mencermati banyak hal. Mulai dari bahan, model, ukuran, dan kegunaan. Mainan yang mudah dibersihkan dan dicuci juga penting sebab banyak bakteri yang menempel pada permukaannya. Biasanya pada kemasan, sudah tertera mainan ditunjukan untuk umur berapa. Hal tersebut tentunya lebih memudahkan.