Gejala Penyakit Jantung yang Harus anda Waspadai Sejak Dini

Berdasarkan penelitian terbaru risiko penyakit jantung ini tidak hanya mengintai orang dengan usia lanjut, akan tetapi banyak juga usia dewasa sudah mengelami serangan jantung pada usia muda. Kali ini kami akan …

Tahukah Kamu, Air Mineral yang Bagus Akan Mendatangkan Manfaat

Sekarang air mineral lebih dipilih untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dibandingkan dengan air putih biasa. Alasannya, tentu saja karena kepraktisan air mineral, dan kandungan mineralnya yang baik untuk kesehatan. Namun, …

5 Gangguan Kesehatan yang Menghantui Akibat Kolesterol Tinggi

Beragam gangguan kesehatan menghantui saat kadar kolesterol dalam darah tinggi, ditambah sebagian dari kita sering mengabaikannya. Dari mulai penyakit ringan yang masih bisa diatasi dengan beristirahat dan berhenti konsumsi makanan tinggi …

5 Gangguan Kesehatan yang Menghantui Akibat Kolesterol Tinggi
0 Comments

Beragam gangguan kesehatan menghantui saat kadar kolesterol dalam darah tinggi, ditambah sebagian dari kita sering mengabaikannya. Dari mulai penyakit ringan yang masih bisa diatasi dengan beristirahat dan berhenti konsumsi makanan tinggi lemak, hingga penyakit yang dalam penanganannya butuh tindak profesional. Akibat kolesterol tinggi aktivitas pun bisa terganggu. Seperti ketika Anda merasa sakit kepala dan nyeri pada tubuh.

Deteksi Gejala Kolesterol Tinggi

Ada banyak penyakit berbahaya yang bisa timbul karena tingginya kadar kolesterol dalam darah, di antaranya:

1.     Jantung Koroner

Semakin banyak penderita jantung koroner di antara masyarakat Indonesia. Hal ini berhubungan dengan semakin banyak juga yang tidak peduli seberapa penting menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Contohnya kasus kematian mendadak akibat serangan jantung yang tidak diikuti tanda-tanda. Sangat memungkinkan seseorang mengalami serangan jantung karena kolesterol naik dan sering diabaikan.

2.     Stroke

Penyakit lainnya akibat kolesterol tinggi ialah stroke. Stroke merupakan penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada pasokan darah ke dalam otak, atau penyumbatan, sehingga menimbulkan pecahnya pembuluh darah. Gejala penyakit ini meliputi lumpuhnya sebagian atau seluruh tubuh, sulit berbicara, mati rasa pada wajah dan tangan, serta kesulitan dalam memahami.

3.     Hipertensi

Umumnya kenaikan kolesterol ini berhubungan erat dengan keadaan naiknya tekanan darah atau hipertensi. Penyakit tekanan darah tinggi ini cenderung tidak memberi gejala khusus, maka disebut ‘silent killer’. Belum lagi penyebabnya bisa beragam , mulai dari kolesterol tinggi, hingga kondisi kesehatan mental seperti mengalami stress.

Beberapa gejala hipertensi bisa dideteksi berupa sakit kepala hebat, kelelahan berlebih tanpa alasan khusus, nyeri di bagian dada, pandangan yang kabur, sulit bernapas dan detak jantung tidak teratur, hingga terdapat darah pada urin.

4.     Penyakit Arteri Perifer

Berikutnya gangguan kesehatan yang siap menghantui bila kolesterol tinggi yaitu penyakit arteri perifer. Penyakit ini merupakan sebuah kondisi di mana aliran darah ke kaki tidak lancar akibat adanya penyempitan pembuluh darah.

Selain kolesterol yang tinggi, faktor lainnya seperti diabetes, merokok, konsumsi makanan tidak sehat, hingga penuaan bisa menjadi penyebab seseorang terkena penyakit ini. Gejalanya berupa sakit di bagian kaki dan sulit berjalan. Biasanya dokter akan memberi resep obat-obatan, ataupun tindakan operasi untuk mengatasinya.

5.     Impotensi

Bagi para pria, gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi yang bisa dirasakan yaitu impotensi. Tentu kondisi ini akan mengganggu kesehatan hingga mental seorang pria. Apalagi bisa dialami oleh semua kalangan usia, termasuk mereka yang masih muda.

Untuk menurunkan dan mencegah kolesterol tinggi, penerapan gaya hidup sehat dan pola makan yang lebih teratur sangat disarankan. Anda juga bisa konsumsi vitamin, suplemen, dan minuman yang mengandung inulin plus beta glucan.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.