Gejala Penyakit Jantung yang Harus anda Waspadai Sejak Dini

Berdasarkan penelitian terbaru risiko penyakit jantung ini tidak hanya mengintai orang dengan usia lanjut, akan tetapi banyak juga usia dewasa sudah mengelami serangan jantung pada usia muda. Kali ini kami akan …

Tahukah Kamu, Air Mineral yang Bagus Akan Mendatangkan Manfaat

Sekarang air mineral lebih dipilih untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dibandingkan dengan air putih biasa. Alasannya, tentu saja karena kepraktisan air mineral, dan kandungan mineralnya yang baik untuk kesehatan. Namun, …

5 Gangguan Kesehatan yang Menghantui Akibat Kolesterol Tinggi

Beragam gangguan kesehatan menghantui saat kadar kolesterol dalam darah tinggi, ditambah sebagian dari kita sering mengabaikannya. Dari mulai penyakit ringan yang masih bisa diatasi dengan beristirahat dan berhenti konsumsi makanan tinggi …

3 Cara Memberi Susu pada Anak Kucing yang Baru Lahir
0 Comments

Bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir? Yang pertama wajib Anda lakukan adalah memberinya tempat tinggal aman dan hangat. Lalu hal penting kedua yaitu memberi susu pada anak kucing tersebut.

Ketika Anda menemukan kucing anakan di jalanan, pasti ada rasa tidak sampai hati untuk meninggalkan. Apalagi, jika si kucing dalam keadaan baru saja dilahirkan dan tubuhnya masih basah. Makin pilu juga rasanya saat mengetahui kalau ia ditinggalkan induknya begitu saja.

Tanpa berpikir panjang, terlebih jika Anda pecinta kucing, tentu ingin langsung membawa si kucing pulang dan merawatnya dengan sepenuh hati. Dalam situasi seperti ini, Anda perlu tahu perawatan yang tepat untuk si anak kucing baru lahir tersebut.

 

Memberikan Susu pada Bayi Kucing Baru Lahir

 

Merawat anak kucing yang baru lahir bisa dibilang gampang-gampang susah. Terlebih, jika sebelumnya Anda belum pernah punya pengalaman memelihara kucing. Ini membutuhkan ketekunan dan kepekaan yang baik agar lebih memahami kondisi kucing.

Ada beberapa cara merawat anak kucing yang baru lahir yang bisa Anda lakukan pada anak kucing tanpa induk. Khusus dalam hal ini, akan dibagikan hal-hal penting seputar tips memberikan susu khusus bayi kucing yang tepat. Lakukan cara berikut ini dengan telaten ya, supaya kucing anakan tersebut dapat tumbuh besar dengan sehat.

1.     Siapkan Susu Khusus untuk Anak Kucing

Setiap anak kucing semestinya wajib mendapatkan asupan susu langsung dari induknya. Namun, bila dalam situasi kucing tidak punya induk, maka yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan susu formula khusus untuk bayi kucing. Anda bisa beli di petshop atau distributor kebutuhan hewan.

Hindari jenis susu sapi kepada anak kucing. Pasalnya, itu tidak dapat mengganggu sistem pencernaan kucing dan berisiko pada keberlangsungan hidupnya. Pastikan susu tersebut memiliki kandungan nutrisi maksimal sebagaimana ASI yang didapat dari induk kucing.

2.     Jadwalkan Pemberian Susu

Segala sesuatu perlu dilakukan secara konsisten, begitupun dalam hal memberikan susu kepada kucing yang baru lahir tak berinduk. Penjadwalan pemberian susu akan berpengaruh pada kebutuhan nutrisi tubuhnya. Nah perlu untuk diketahui, biasanya kucing anakan (kitten) memerlukan asupan nutrisi lebih besar dibandingkan kucing dewasa.

Sebagai catatan, apabila dalam kondisi mendesak Anda tidak bisa memberikan susu formula khusus kitten, diperbolehkan memberi susu kambing. Namun, ini hanya untuk keadaan yang benar-benar tidak dapat ditolerir lagi, ya. Artinya, situasi khusus tersebut berlaku sementara waktu. Selanjutnya, tetap berikan susu khusus kucing dengan nutrisi terjamin.

3.     Suntikkan Vaksin untuk Kesehatan Kucing

Pemberian jenis vaksin yang tepat dan telah disesuaikan dengan kebutuhan anak kucing adalah juga penting untuk diperhatikan. Untuk cari aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis hewan.

Vaksin kucing berguna untuk memproteksi kitten dari risiko terserang kuman penyakit maupun bakteri yang berpengaruh pada antibodinya. Sehingga, anak kucing dapat tumbuh sehat hingga tergolong dalam kucing.

Nah, itulah sedikit tips memberikan susu pada bayi kucing sebagai aspek penting dalam cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk. Sekali lagi, lakukan cara-cara di atas dengan telaten.

Semoga bermanfaat, ya.