Tips Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi
0 Comments

Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi akibat penggunaan popok. Ruam popok yang tidak ditangani dengan baik bisa mengganggu kenyamanan bayi. Zwitsal adalah salah satu produk yang bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi.

Penyebab Terjadinya Ruam Popok

Ruam popok sering terjadi pada bayi baru lahir yang sudah menggunakan popok. Bakteri dan amonia yang terdapat pada kotoran dan air seni bayi bisa mengiritasi dan melukai kulit bayi Anda. Kurangnya kebersihan di area genital dan bokong bayi menyebabkan kulit bayi yang sensitif menjadi kotor dan lembab.

Penggunaan popok yang salah dan tidak sesuai ukuran membuat gesekan yang terlalu ketat. Hal ini juga menjadi penyebab ruam popok pada bayi. Kondisi seperti ini sering ditandai dengan kulit kering, munculnya bercak kemerahan, dan luka lecet di area genital dan bokong bayi.

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok tentunya bisa dicegah dan diatasi dengan penanganan yang tepat. Selain menjaga kebersihan dan menggunakan produk yang tepat, menjaga kulit bayi tetap kering dan menjaga sirkulasi udara adalah hal yang utama. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk mengatasi ruam popok bayi.

  • Membersihkan Daerah Popok dengan Benar

Basuhlah organ genital dan area bokong secara benar, yaitu dengan cara membasuh dari arah depan ke belakang. Bersihkan dengan baik, kemudian keringkan dengan cara menepuk perlahan-lahan dengan handuk yang halus. Pastikan kulit bayi sudah kering sebelum menggunakan popok baru.

  • Jangan Gunakan Bedak

Bedak sering digunakan untuk membuat kulit bayi tetap halus. Padahal cara ini adalah cara yang salah. Hindari penggunaan bedak karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi serta iritasi pada paru-paru bayi.

Penggunaan bedak yang berlebihan dapat menyebabkan bedak menggumpal pada area genital dan bokong bayi. Hal ini justru berisiko menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur. Jadi bersihkan saja area genital dan bokong bayi dengan kapas yang sudah dicelupkan air panas.

  • Biarkan Bokong Bayi Tanpa Popok

Setelah membersihkan genital dan bokong bayi biarkan bayi Anda tanpa popok beberapa saat. Jangan selalu memakaikan popok pada bayi karena kulit bayi juga perlu bernafas. Makin sering bayi terbebas dari popok dan terkena udara dapat mengurangi risiko terjadinya ruam popok.

  • Pilih Produk Perawatan Yang Tepat

Kulit bokong bayi yang kering sangat mudah teriritasi. Karena itu Anda harus memilih produk yang tepat untuk bayi Anda. Pilihlah produk yang mengandung bahan alami dan teruji hypo-allergenic.

Zwitsal Extra Baby Cream adalah pilihan yang tepat karena efektif mencegah ruam pada kulit bokong bayi Anda. Mengandung zinc dan formula khusus membuat cream ini memungkinkan kulit bokong bayi Anda bernafas ketika menggunakannya.

Dengan perawatan yang tepat tentunya Anda dapat mengurangi ruam popok pada kulit bokong bayi Anda. Oleh karena itu gunakan zwitsal extra baby cream yang bisa Anda dapatakan di orami.co.id sebelum kulit bayi Anda terkena masalah.