Beberapa Hal dari Penyakit Kawasaki yang Perlu Diwaspadai

Beberapa Hal dari Penyakit Kawasaki yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang anak-anak. Salah satu alasannya adalah karena imunitas atau daya tahan tubuh anak-anak yang belum sepenuhnya terbentuk dengan baik. Dari sekian banyak penyakit yang mungkin menjangkit tubuh anak-anak, penyakit kawasaki adalah salah satunya. Penyakit ini perlu diperhatikan sehingga tidak sampai menghampiri anak-anak. Penyakit ini merupakan gangguan yang diderita oleh arteri di seluruh tubuh yang mengalami pembengkakan atau inflamasi. Biasanya, arteri yang mengalami inflamasi adalah arteri koroner yang menjadi penyalur darah ke bagian otot. Selain mengganggu arteri koroner, penyakit ini juga menginfeksi kelenjar getah bening, hidung, tenggorokan, mulut, dan kulit.

Penyebab

Penelitian yang telah dilakukan belum mampu memecahkan apa yang sebenarnya menjadi penyebab munculnya penyakit kawasaki. Akan tetapi, beberapa penelitian menunjukkan faktor apa yang mungkin menjadi pemicu kemunculan penyakit. Jenis kelamin menjadi faktor yang ikut menentukan. Anak laki-laki lebih rentan terkena penyakit kawasaki bila dibandingkan dengan anak perempuan. Selain itu, anak-anak berusia enam bulan hingga lima tahun lebih memiliki peluang yang besar untuk terinfeksi penyakit ini. Tidak dipungkiri, etnis juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi. Orang-orang Asia menjadi salah satu penderita yang paling banyak merasakan penyakit kawasaki.

Diagnosa

Sama seperti penyebabnya, sejauh ini belum bisa ditemukan langkah tepat apa yang perlu dilakukan untuk mendiagnosa seorang anak terkena penyakit kawasaki. Dokter atau petugas medis lain yang bertanggung jawab untuk melakukan diagnosa hanya mampu menggugurkan kemungkinan penyakit lain berdasarkan tanda-tanda awal kemunculan. Biasanya, dokter akan melihat beberapa tanda berupa: steven johnson syndrome, penyakit campak, demam scarlet, toxic shock syndrome, juvenile rheumatoid, dan arthritis.

Penanganan

Bila sudah didiagnosa mengidap penyakit kawasaki, tentu saja hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan penanganan yang tepat. Seorang anak yang sudah didiagnosa menderita penyakit tersebut biasanya akan dirawat inap dan dilakukan terapi pada tubuh. penanganan tersebut harus segera dilakukan agar penyakit yang menyerang arteri koroner tidak ikut meyerang bagian tubuh yang lain sehingga menyebabkan permasalahan yang semakin serius. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk merawat penderita penyakit kawasaki:

  1. Obat

Penggunaan obat sudah pasti dilakukan untuk menurunkan tingkat pembengkakan.

  1. Gamma Gloubin

Gamma Gloubin disuntikkan pada tubuh pasien untuk mengurangi dampak kerusakan pada arteri koroner.

  1. Antiradang

Obat antiradang diberikan kepada pasien karena tentu saja untuk menghilangkan peradangan. Obat ini diberikan dalam dosis yang tinggi agar peradangan bisa cepat hilang.

Itulah beberapa hal yang bisa diketahui dari penyakit kawasaki. Sama seperti penyebabnya yang belum diketahui, langkah pencegahan juga tidak bisa pasti dilakukan. Anda bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh anak dengan memberi asupan nutrisi yang sesuai dan seimbang.